Cara Membuat Kue Tradisional

Cara Membuat Kue cucur pandan

Cara Membuat Kue Tradisional yang Enak dan Praktis

Cara Membuat Kue Tradisional – Kue tradisional adalah kudapan ulang tahun yang hampir semua orang menyukainya, baik anak-anak hingga orang dewasa. Kue ini bisa disajikan di berbagai kesempatan, baik saat santai, arisan, dan lainnya. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan jika banyak orang yang penasaran dengan Cara membuat kue yang lezat. Bagi Anda yang tertarik untuk membuat kue bercita rasa tradisional, di bawah ini adalah beberapa resep yang bisa dicoba.

 

Mudahnya Cara Membuat Kue Khas Tradisional

Membuat kue tradisional sangatlah mudah. Bahan-bahannya juga mudah didapat sehingga bisa diaplikasikan oleh para ibu di rumah. Bagaimana cara membuat aneka kue khas nusantara? Di bawah ini adalah beberapa resepnya.

 

  1. Uli Bakar Serundeng

Uli bakar terbuat dari ketan putih yang dikukus kemudian di bakar. Uli bakar ini begitu lezat karena dipadukan dengan serundeng yang gurih. Kue khas Indonesia ini sangat disukai oleh masyarakat. Sayangnya, saat ini sudah sedikit toko kue yang menjualnya. Tidak perlu khawatir karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Cara Membuat Kue Tradisional

Bahan-bahan yang harus disiapkan adalah santan 100 ml, beras ketan putih sebanyak 250 gram, daun pandan 2 lembar, pasta pandan 1/4 sendok teh, garam 1 sendok teh, dan kelapa parut 100 gram. Sedangkan bahan membuat serundengnya adalah minyak goreng secukupnya, kelapa parut sebanyak 200 gram, ebi 30 gram, daun jeruk 6 lembar, gula pasir secukupnya, lengkuas 1 cm, daun salam 1 lembar, serai 1 batang, dan garam secukupnya. Siapkan pula bumbu halus yang terdiri dari bawang putih sebanyak 2 siung dan bawang merah sebanyak 5 siung.

 

Cara membuat kue uli bakar yang pertama adalah rendam ketan putih selama 1 jam. Panaskan ebi lalu haluskan. Iris daun jeruk tanpa tulangnya dan memarkan lengkuas. Sementara itu, haluskan bumbu yang sudah disiapkan. Selanjutnya, rebus santan beserta daun pandan, garam, kelapa parut dan pasta pandan hingga mendidih. Ketan yang sudah direndam dimasukkan ke dalam air rebusan hingga meresap. Selanjutnya, kukus selama 30 menit dengan api sedang sampai matang. Masukkan ketan ke dalam loyang dan dinginkan.

 

Kemudian, potong ketan menjadi beberapa bagian dengan ukuran 6×4 cm. Selanjutnya, bakar ketan di atas api sebentar. Untuk membuat serundeng, Anda hanya perlu memasukkan semua bumbu yang telah dihaluskan sekaligus serai, daun jeruk, lengkuas dan daun salam ke dalam penggorengan yang sudah berisi minyak panas. Masak hingga harum lalu masukkan kelapa, gula pasir, garam dan ebi. Aduk hingga kering dengan api kecil. Sajikan kue tradisional ketan uli dengan serundeng yang nikmat.

 

  1. Cara Membuat Kue cucur pandan

Kue tradisional yang satu ini memang banyak sekali penggemarnya. Hal tersebut tentu saja karena rasanya yang manis dan gurih. Kue cucur pandan memiliki aroma yang sedap karena dibuat dengan tambahan air daun suji. Untuk rasa, kue ini memang juara. Jadi wajar saja jika banyak orang yang sengaja membuatnya di rumah untuk disajikan bersama keluarga.

Cara Membuat Kue cucur pandan

Bahan yang dipakai adalah gula pasir sebanyak 25 gram, air sebanyak 200 ml, air daun suji 30 ml, tepung beras sebanyak 150 gram, minyak goreng secukupnya, daun pandan 1 lembar, tepung terigu 2 setengah sdm, pewarna hijau 2 tetes, dan garam secukupnya. Cara membuat kue cucur pandan yang pertama adalah masukkan gula pasir, air, daun pandan dan air daun suji ke dalam panci dan masak hingga mendidih. Selanjutnya, saring lalu sisihkan larutan.

 

Masukkan tepung terigu ke dalam wadah. Tambahkan garam dan tepung beras lalu aduk sampai merata. Uleni adonan sampai terasa ringan. Selanjutnya, tuangkan minyak goreng pada wajan. Panaskan wajan dan masukkan adonan sebanyak 1 sendok (centong) sayur ke dalam wajan. Lalu, siram adonan menggunakan minyak panas sembari Anda putar-putar menggunakan lidi sampai terlihat berserat. Jika sudah matang, angkat adonan dan lakukan pada adonan lain hingga habis. Kue cucur lezat siap dihidangkan.

 

Beberapa Resep dan Cara Membuat Kue Tradisional di atas sangat mudah dicoba bukan? Sekian ulasan mengenai cara membuat kue khas Indonesia, semoga bermanfaat untuk Anda. Ikuti terus Fanpage kami untuk mendapatkan berbagai resep masakan lezat lainnya : https://www.facebook.com/BerbagiAnekaResepMasakan/

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*